31/03/13

BAHAN MAKANAN YANG BAIK UNTUK RENDAH KOLESTEROL


Tingginya kadar kolesterol seseorang kerap menjadi mimpi buruk. Pilihan lain yang menjadi andalan yaitu menurunkan kadar kolesterol dengan cara alami. Salah satunya dengan cerdas dalam memilih bahan yang mengandung gizi yang cukup sehat bagi tubuh kita. Bahan-bahan tersebut antaralain :
*        BUAH-BUAHAN

Demi mencegah penimbunan kolesterol jahat dalam darah Anda dapat menjaganya dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur. Buah seperti apel, pir dan jeruk mengandung serat yang dapat menurunkan kolesterol, selain itu kaya akan antioksidan yang dapat menyehatkan jantung Anda.


*        GANDUM DAN BIJI-BIJIAN

Gandum adalah salah satu bahan makanan yang dapat mencegah kolesterol yang dapat menyerap ke aliran darah. Minimal setiap harinya tubuh kita membutuhkan 3 gram serat yang dapat mencegah gejala penyakit jantung, jadi seandainya kita memasak 1,5 cup oatmeal artinya kita telah mengkonsumsi serat sebanyak 6 gram.

*        KACANG-KACANGAN

Kacang adalah sumber serat yang tinggi. Mengkonsumsi serat larut bisa mengurangi dan menurunkan tingkat kolesterol jahat. Mengkonsumsi kacang seperti buncis, kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10%.



*        MAKANAN YANG MENGANDUNG OMEGA 3

Omega 3 adalah bintang (sie) yang dapat melindungi jantung Anda dan meningkatkan peredaran dalam tubuh. Omega 3 dapat ditemukan pada makanan seperti tofu, biji kenari, ikan dan minyak ikan.




*        BAWANG PUTIH

Bawang putih sejak zaman dulu sudah dipercaya mengandung zat yang baik untuk menurunkan tekanan darah, melindungi tubuh dari infeksi dan mencegah partikel kolesterol yang menempel dinding pembuluh darah.




*        TEH

Antioksidan di dalam teh yaitu flavonoid bisa mencegah oksidasi yang menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah sehingga dengan minum segelas teh setiap hari bisa memenuhi kebutuhan antioksidan.








Sumber            :
Anonymous. 2012.”Bahan Makanan yang Baik untuk Rendah Kolesterol”. Lezat, Edisi 214 (Juli, IX): 17.

0 Comment: