31/03/13

LABU KUNING


Labu kuning (Curcubita moschata) disebut juga labu merah atau labu manis. Dibeberrapa daerah di Indonesia jenis labu yang satu ini mempunyai banyak nama populer seperti Labu parang (Melayu), Waluh (Jawa dan Sunda), dan Pumpkin atau Butternut squash (bahasa Inggris). Bentuk biuah yang satu ini tak asing bagi masyrakat Indonesia tetapi pemanfaatannya kurang begitu populer. Padahal buah ini mempunyai rasa yang enak dan kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan.
Bentuk buahnya yang cenderung bulat pipih, lonjong, panjang dengan banyak alur (15 – 30 alur), berukuran besar, dagingnya yang lunak dilindungi kulit keras ini bisa membuat buah labu cukup awet atau tahan lama, asalkan disimpan di tempat yang bersih dan kering serta tidak ada luka pada buahnya. Jika terluka maka buah labu akan mengeluarkan semacam gas yang bisa memicu terjadinya berbagai macam perubahan di bagian dalam buah labu. Labu kuning yang bagus bisa disimpan hingga 3 bulan tanpa ada perubahan yang berarti tapi jika disimpan selama 6 bulan beratnya akan turun.
Pemanfaatan labu kuning hanya sebatas olahan tradisional misalnya sebagai bahan makanan penutup seperti kolak, aneka kue (dawet, lepet, jenang dan dodol), diolah sebagai sayuran seperti lodeh, asem-asem dan brongkos, sedangkan di Manado dibuat bubur Manado dan di Makasar diolah dalam sayur bayam. Bijinya pun juga bisa dimanfaatkan sebagai camilan kering yaitu kuaci.
Jadi bukan hanya diolah dalam kolak saja tapi kita juga bisa ciptakan hasil karya masakan lainnya yang cukup menggugah selera dengan citarasa khas dan tampilan yang cantik serta bisa digemari banyak orang bahkan buah ini juga dimanfaatkan untuk membuat kosmetik.
KANDUNGAN NUTRISI DAN MANFAAT LABU KUNING
Sesuai dengan namanya, kandungan buah labu kuning yang berwarna kuning atau jingga akibat kandungan karotenoidnya yang sangat tinggi. Selain itu, labu kuning memiliki sederet kandungan gizi lainnya yang cukup beragam. Dengan begitu, labu kuning ini sangat baik dikonsumsi dari anak-anak hingga orang tua. Apalagi, soal rasa yang tak perlu diragukan lagi.
Khasiat labu kuning :
è Air buah labu dipercaya sebagai penawar racun binatang berbisa dan bijinya yang kaya minyak bisa menjadi obat cacing pita.
è Labu kuning yang dihaluskan dan diperas akan mendapatkan warna kuning sehingga dapat digunakan sebagai pewarna alami dalam pengolahan makanan tradisional.
è Kulit labu bisa menjadi obat alami untuk mengatasi infeksi jamur tak hanya pada manusia tapi juga bisa untuk menghambat pertumbuhan beberapa jenis jamur yang menyerang tumbuhan.
è Mengkonsumsi daging buah labunya mampu menjadi penangkal kanker karena diyakini mengandung antioksidan, membantu menyembuhkan penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, darah tinggi, menurunkan panas dan memperlancar proses pencernaan.
è Minum jus labu kuning setiap hari bisa digunakan sebagai obat penyakit diabetes melitus karena berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah dan memperbaiki sel pankreas untuk menghasilkan sel insulin kembali.



Sumber            :
Anonymous. 2012.”Si Legit Labu Kuning dalam Berbagai Olahan”. Lezat, Edisi 214 (Juli, IX): 12.

0 Comment: